Taman kanak-kanak (TK)
merupakan bentuk pendidikan pra sekolah dengan tujuan mengembangkan seluruh
aspek perkembangan anak, yaitu perkembangan mental, perkembangan psikomotor dan
perkembangan sosial secara terpadu. Kegiatan pendidikan di TK adalah sebgai persiapan
untuk mewujudkan manusia Indonesia seutuhnya yang mampu berdiri sendiri dan
mampu bertanggung jawab atas pembangunan bangsa, serta memiliki kemampuan dasar
sebagai bekal memasuki jenjang pendidikan selanjutnya.
Perkembangan anak adalah suatu proses perubahan yang
terjadi secara menyeluruh dalam diri seorang anak atau dapat disebut juga
sebagai perkembangan prilaku. Dimensi perkembangan anak pra sekolah meliputi :
1.
Perkembangan Mental
Proses mental
adalah proses pengolahan informasi, yang menjangkau kegiatan kognisi,
intelegensia, berfikir, belajar, memecahkan masalah, dan pembentukan konsep.
2.
Perkembangan Psikomotor
Perkembangan psikomotor adalah
perkembangan adalah perkembangan rmengontrol gerakan-gerakan tubuh melalui
kegiatan yang terkoordinasi antara susunan syaraf pusat, syaraf, dan otot.
3.
Perkembangan Sosial
Perkembangan
sosial mengandung makna pencapaian suatu kemampuan untuk berprilaku sesuai
dengan harapan sosial yang ada.
4.
Perkembangan Emosi
Kemampuan anak
dalam perkembangan mental juga dipengaruhi oleh berbagai factor yang sebenarnya
adalah bagian dari dimensi perkembangan sosial.
5.
Perkembangan Bicara
Belajar berbicara merupakan sarana
pokok dalam sosialisasi dan sarana memperoleh kemandirian.
Pada anak usia pra sekolah telah
muncul perkembangan psikologis seorang anak berhubungan dengan kesadaran
terhadap diri sendiri dan orang lain. Ia mulai menginginkan “mengurus” dirinya
sendiri dan sangat tidak suka dipaksa melakukan yang dikehendaki orang lain.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar