Rabu, 06 Juni 2012

Perkembangan Anak Usia Prasekolah

Taman kanak-kanak (TK) merupakan bentuk pendidikan pra sekolah dengan tujuan mengembangkan seluruh aspek perkembangan anak, yaitu perkembangan mental, perkembangan psikomotor dan perkembangan sosial secara terpadu. Kegiatan pendidikan di TK adalah sebgai persiapan untuk mewujudkan manusia Indonesia seutuhnya yang mampu berdiri sendiri dan mampu bertanggung jawab atas pembangunan bangsa, serta memiliki kemampuan dasar sebagai bekal memasuki jenjang pendidikan selanjutnya.
          Perkembangan anak adalah suatu proses perubahan yang terjadi secara menyeluruh dalam diri seorang anak atau dapat disebut juga sebagai perkembangan prilaku. Dimensi perkembangan anak pra sekolah meliputi :
1. Perkembangan Mental
Proses mental adalah proses pengolahan informasi, yang menjangkau kegiatan kognisi, intelegensia, berfikir, belajar, memecahkan masalah, dan pembentukan konsep.
2. Perkembangan Psikomotor
Perkembangan psikomotor adalah perkembangan adalah perkembangan rmengontrol gerakan-gerakan tubuh melalui kegiatan yang terkoordinasi antara susunan syaraf pusat, syaraf, dan otot.
3. Perkembangan Sosial
Perkembangan sosial mengandung makna pencapaian suatu kemampuan untuk berprilaku sesuai dengan harapan sosial yang ada.
4. Perkembangan Emosi
Kemampuan anak dalam perkembangan mental juga dipengaruhi oleh berbagai factor yang sebenarnya adalah bagian dari dimensi perkembangan sosial.
5. Perkembangan Bicara
Belajar berbicara merupakan sarana pokok dalam sosialisasi dan sarana memperoleh kemandirian.

            Pada anak usia pra sekolah telah muncul perkembangan psikologis seorang anak berhubungan dengan kesadaran terhadap diri sendiri dan orang lain. Ia mulai menginginkan “mengurus” dirinya sendiri dan sangat tidak suka dipaksa melakukan yang dikehendaki orang lain.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar